Antarmuka pengguna (bahasa Inggris : user Interface) merupakan
bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user).
Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah
sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi.
Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah
pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang
membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari
konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol
operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka pengguna yang
berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi.
Antarmuka pengguna komputer ada beberapa, yaitu :
1. Text Based
Sistem Operasi Berbasis Teks adalah Sistem Operasi yang semata-mata menggunakan teks sebagai alat operasinya. Sistem Operasi ini berjalan tanpa menggunakan bingkai jendela sebagai mana yang lazim kita temukan pada system operasi dewasa ini.
Pada awal
perkembangan personal computer (PC) system operasi berbasis teks inilah yang banyak di gunakan. Sistem ini
berjalan dengan menggunakan prompt standar yakni huruf yang menunjukkan drive
aktif. Sistem Operasi ini tidak dapat berjalan sebelum memakai (user)
memasukkan system operasi DOS (Disk Operating System.
Berikut beberapa contoh Sistem Operasi jaringan berbasis text:
Berikut beberapa contoh Sistem Operasi jaringan berbasis text:
·
Linux
Debian
·
Linux Suse
·
Sun
Solaris
·
Linux
Mandrake
·
Knoppix
·
Mac OS
·
UNIX
·
Windows NT
·
Windows 2000
Server
·
Windows 2003
Server,dll
Dalam teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Inggris:
Graphical User Interface
atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang
menggunakan metoda interaksi pada piranti
elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti
bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media
portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan
perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.Contoh: Microsoft
Windows, MacOS dan Xwin menggunakan jenis GUI yang berbeda.
2.
Menu
Based
Menu adalah sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap menu
mewakili sebuah perintah.
Pengguna memilih sebuah perintah dari sejumlah
perintah yang disusun ke dalam sejumlah menu dan melihat pengaruhnya.Eksekusi
dari menu yang dipilih akan menghasilkan perubahan status dari suatu antarmuka.
Menu tunggal ada beberapa,
yaitu:
a.
Menu
biner
b.
Menu
tunggal banyak pilihan
Menu
datar
Menu
tarik
Menu
berbasis ikon dan toolbar
Menu
dengan pilihan yang panjang
Menu
dan hotlink tertanam
Menu breadcrumb
c.
Kombinasi
Banyak Menu:
Menu
linear
Menu
serempak
Menu
berstruktur pohon
Peta
situs
Jaring
menu tak berputar dan berputar
3.
Icon Based
Icon Based atau antarmuka berbasis smbol, adalah antarmuka yang memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk memberitahu pengguna akan kemampuan dan fasilitas, atau untuk menunjukkan aktifitas tertentu yang dimiliki oleh suatu program aplikasi. Secara teknis, antarmuka berbasis ikon dikatakan merupakan variasi antarmuka berbasis menu. Perbedaannya terdapat pada cara penyajian pilihan itu. Pada Menu based, pilihan aktifitas dinyatakan secara tekstual sementara pada Icon based, pilihan aktifitas dinyatakan dengan suatu tanda atau simbol yang disebut pictogram atau ikon.
4.
Touch Screen
Antarmuka Touch screen atau layar
sentuh membuat pengguna berinteraksi dengan aplikasi secara lebih intuitif
daripada menggunakan antarmuka berbasis cursor karena antarmuka ini
memiliki kesan lebih ‘langsung’. Dibandingkan dengan harus menggunakan cursor
untuk memilih dan membuka sebuah file, sebagai contoh, pengguna dapat
dengan langsung menyentuh gambar icon dari file dengan jarinya untuk
membukanya. Sebagian besar smartphones dan tablets sudah
mengadopsi input macam ini. Sentuhan juga diadaptasi untuk aplikasi yang tidak
menggunakan layar sama sekali. Sebagai contoh, Microsoft sedang mengerjakan
antarmuka sentuh yang bernama “skinput”, yang mengizinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan menyentuh kulitnya sendiri.
5.
Gesture Based
Gesture
Recognition adalah antarmuka yang dapat mengenali gerak-isyarat seorang manusia
dan mentranslasikan gerakan tersebut sebagai instruksi yang dapat dipahami oleh
komputer. Sistem permainan Nintendo Wii dan PlayStation Move memanfaatkan
joystik berbasis accelerometers dan gyroscope untuk mengenali,
kemiringan, perputaran dan akselerasi. Sebuah jenis NUI yang lebih intuitif
dilengkapi dengan kamera dan aplikasi dalam perangkat kerasnya. Sebagai contoh,
Kinect dari Microsoft, adalah sebuah sensor untuk Xbox 360 yang mengizinkan
pemain berinteraksi menggunakan gerakan badan dan perintah ucapan. Kinect
mengenali badan dan suara dari tiap pemain. Gesture recognition juga
dapat digunakan untuk berinteraksi dengan komputer.
Sumber :
Berbagai sumber.
Berbagai sumber.
0 komentar:
Posting Komentar